Kinerja Pelayanan Kependudukan Lanny Jaya Tidak Maksimal, FPP-KLJ: Bupati Segera Evaluasi Total
WAMENA_AKURATPAPUA.COM--Pengurusan dokumen data Penduduk Warga Negara di Kabupaten Lanny Jaya hingga saat ini belum efektif dalam hal penginputan data Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lanny Jaya.
" belum ada yang dapat membenahi sistem operasional dan warga
baru pun mendapatkan Kartu Tanda Penduduk e-KTP se-enaknya tanpa ada Surat Perpindahan Penduduk dan surat pengantar misalnya dari kelurahan setempat" kata Hernison Kogoya Ketua Forum Peduli Pembangunan Kabupaten Lanny Jaya itu Kepada Media ini", Rabu, (17/2/2021).
Pelayanan yang dilakukan oleh dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lanny Jaya merugikan banyak warga dan para intelektual. Diharapkan kepada Pemerintah Daerah Kab.Lany Jaya agar segera tangani, Setelah kami pantau sistem pelayanan pada Dinas tersebut sangat di sayangkan dengan cara pelayanannya, masyarakat lanny jaya datang untuk mengurus kartu tanda penduduk (E-KTP) dan kartu
keluarga (KK) ternyata menunggu sampai makan waktu selama 2 (dua) minggu hingga 1 (satu) bulan, metode pelayana yang digunakan oleh dinas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tidak efektif dan efisien sehingga masyarakat dan intelektual merasa tertipu dalam hal pengurusan KTP dan lainnya", imbauannya.
Lanjut HK , Saya mau tanya kepada Kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil bahwal selama ini anda ada di mana? Apakah Anda sudah melakukan pengawasan atau kontrol terhadap Staf atau operator? Saya sebagai anak daerah sangat kecewa dengan sistem pelayanannya pimpinan dan para staf di Dinas ini. Masyarakat lanny jaya dari Distrik Dimba, Poga, Gamelia atau Distri Kuyawage yang tempat tinggalnya jauh dari ibu kota datang dengan kepentingan pengurusan e-KTP / KK namun sayangnya harus bermalam tetapi justru karena tidak ada keluarga atau penginapan sehingga terpaksa harus pulang balik dan mengeluarkan biaya transportasi umum. Cara cara pelayanan seperti begini kami musti curiga bahwa ada pungli di sini tanpa diketahui pimpinannya", Tegas Hk.
Oleh karena itu Forum Peduli Pembangunan Kabupaten Lanny Jaya (FPP-KLJ), Minta Bupati Kabupaten Lanny Jaya segera tangani dan evaluasi total agar pelayanan kembali normal, pelayanan yang kurang maksimal berdampak pada rakyat ekonomi lemah dan tempat tigal jauh dari kota tiom ibu kota lanny jaya" yang terhormat Bupati lanny jaya untuk segera mengambil langkah kongkrit untuk Evaluasi total di dinas tersebut karena sangat di ragukan. jika terjadi pembiaran maka, penataan Penduduk terus menerus terabaikan padahal bagian penting untuk memastikan apakah data Penduduk di tata secara baik. Yang menjadi pertanyaan besar juga adalah jika ada Penduduk baru apakah sudah memiliki e-KTP lanny jaya atau belum, jika penduduk baru sudah memiliki KTP elektronik sedangkan keberadaan Nya hanya dalam waktu singkat 3-5 bulan lalu dari mana dan dengan cara apa orang baru memiliki KTP Elektronik Lanny Jaya. Sesuai kesepakatan musyawarah lembaga masyarakat adat LMA bersama pemerintah dan seluruh komponen di aula Norman drever Lanny Jaya pekan lalu sudah melakukan penegasan dalam hal
terkait pelayanan Dinas kependudukan di belakangan waktu namun hingga saat ini juga belum terlihat efektif". tandasnya
Dengan adanya keadaan seperti ini, apakah kepala dinas yang kami tanyakan atau siapa? Jangan serta merta seenaknya membiarkan"Sekali lagi kami Pemuda intelektual Lanny Jaya minta dengan tegas kepada bapak Bupati Kabupaten Lanny Jaya segera evaluasi dinas yang belum terlihat berhasil" tutur HK.
Reporter: Yas Wenda
Editor: Akuratpapua
Komentar
Posting Komentar